Artikel Doa Sebelum Dan Sesuah Berangkat Melakukan Aktivitas Pekerjaan Di Pagi Hari

Advertisement
Advertisement
Artikel Doa Sebelum Dan Sesuah Berangkat Melakukan Aktivitas Pekerjaan Di Pagi Hari - Berangkat kerja sudah menjadi aktivitas umum di lakukan oleh setiap orang dalam keseharian, sebab menjadi sebuah kebutuhan yang harus di penuhi. Di antara tujuan orang bekerja yaitu untuk mendapatkan hasil demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari yang terus meningkat, serta bekerja juga menjadi jalan demi mendapatkan kebahagiaan hidup di masa yang akan datang, dengan begitu tidak perlu heran apabila tidak sedikit orang yang tidak menghiraukan rasa capai hanya untuk bekerja demi mendapatkan hasil banyak.

Memang tidak bisa di pungkiri, bahwa dalam kehidupan pekerjaan menjadi hal yang sangat penting karena menjadi salah satu penentu jalan untuk mendatangkan rezeki baik berupa uang atau sejenisnya. Bahkan apabila di pahami secara logika tidak mungkin seseorang bisa memenuhi kehidupannya di dunia ini apabila tidak bekerja sama sekali, meskipun para kiyai atau ulama yang di kenal sebagai orang alim yang di jamin oleh allah, dia tetap bekerja dengan mengamalkan ilmunya kepada para murid dan masyarakat.

Namun meskipun memang bekerja adalah sebuah hal penting dan penentu datangnya rezeki, akan tetapi harus tetap sadar bahwa menurut syariat agama datangnya rezeki tidaklah sepenuhnya bisa di hasilkan dengan bekerja saja, karena harus di yakini bahwa adanya rezeki disebabkan adanya kekuatan lain yang di luar akal dan nalar manusia yaitu sang maha pemberi dan pemilik rezeki tersebut allah swt.

Dari sisi agama memang seseorang di wajibkan untuk berikhtiar atau beerja apabila menginginkan sesuatu akan tetapi tidak hanya bekerja saja tetapi juga harus dengan semangat di sertai permohonan doa kepada allah agar apa yang di usahakan hasilnya mudah dan sempurna, contohnya saja yang cukup populer di masyarakat islam yaitu dengan mengamalkan doa sholat dhuha beserta pelaksanaannya tiap pagi hari serta mengamalkan ibadah-ibada lainnya.

Doa menjadi suatu penentu dari hasil yang akan di dapatkan, bahkan di ibaratkan doa dan bekerja merupakan dua hal berbeda namun hakikatnya sama pentingnya. Salah satu cara yang umum di lakukan selain berdoa setiap setelah sholat juga ada bacaan khsus yang apabila akan berangkat atau pulang kerja harus di bacakan, dan itulah yang akan kami coba tulis dengan lengkap kali ini, silahkan hafal dan fahami dengan baik.

Artikel Doa Sebelum Dan Sesuah Berangkat Melakukan Aktivitas Pekerjaan Di Pagi Hari

Bacaan doa ini, sebenarnya tidak begitu panjang, bahkan di bacakan beberapa kalipun, kami yakin akan langsung hafal. Untuk bacaan selengkapnya, sebaiknya langsung di simak di bawah ini.

Doa Sebelum Berangkat Dan Sesudah Kerja

اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً, وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ. اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ

Alloohummarzuqnii rizqon halaalan toyyibaa, wasta'milnii thayyibaa. Alloohummaj'al ausa'a rizqika 'alayya 'inda kibari sinnii wanqithoo' 'umrii. Alloohummakfinii bihalaalika 'an haraamika. wa aghninii bifadhlika 'amman siwaaka. Alloohumma in nii as-aluka rizqon waasi'an naafi'an. Alloohumma innii as-alukan na'iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.'

Artinya : Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu nikmat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.

Doa Ketika Memulai Bekerja

Bacaan Doa Sebelum Bekerja Beserta Artinya

Alloh humma inni as aluka min khairi hazal 'amali wakhairi maafihii, wa a'udzubika min sarri hadzal 'amali wa sarri maa fiihi, innaka 'ala kulli sai,in qodiir.

Artinya : Ya Allah aku memohon kepadamu kebaikan pekerjaan ini dan segala kebaikan yang ada di dalamnya, dan aku berlindung kepadamu dari pada keburukan yang ada di dalamnya, sesungguhnya di atas segala sesuatu itu engkaulah yang maha berkuasa menentukannya.

Doa Sebelum Berangkat Pulang Kerja.

اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُ بِكَ اَنْ اَضِلّ اَوْ أُضَلَّ اَوْ اَزِلَّ اَوْ أَظْلَمَ اَوْ أَجْهَلَ اَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ.

Alloohumma innii a’uudzubika an adilla, au udolla, au azilla, au adzlama, au ajhala, au yujhala ‘alayya.’

Artinya: Ya Allah, sungguh aku berlindung kepadaMu agar tidak tersesat atau disesatkan atau aku tergelincir atau digelincirkan atau aku berbuat dzalim atau didzalimi atau aku berbuat bodoh atau dibodohi (HR. Nasa’i, Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah).

Itulah d antara amalan doa sebelum sesudah bekerja lengkap beserta latin artinya. Mudah-mudahan sedikit dari pembahasan ini dapat memberikan manfaat pengetahuan yang luas terutama bagi kalian yang sama sekali belum mengetahuinya dengan benar. Silahkan pahami dengan baik apa yang sudah tercantum dalam artikel doa sebelum dan sesuah berangkat melakukan aktivitas pekerjaan di pagi hari islam kegiatan di permudah lancar dan lain sebagainya.

Advertisement