Doa Berbuka Puasa Dan Sahur Yang Shahih Benar Dzahaba Dan Artinya

Advertisement
Advertisement
Doa Berbuka Puasa Yang Shahih Benar Dzahaba Dan Artinya - Menjalankan ibadah puasa adalah sebuah keharusan yang mesti dipatuhi oleh semua umat islam baik itu puasa sunnah seperti senin kamis dan ramadhan yang di lakukan selama sebulan penuh. Dalam menjalankan puasa banyak hal yang harus di ketahui oleh orang yang mengerjakannya agar apa yang di lakukan tersebut mendapatkan keutamaan terlebih pahala yang sempurna seperti syarat wajib, rukun puasa hingga pembatalan dan kesunnahan dalam berpuasa.

Di antara yang di sebutkan di atas salah satu yang paling penting adalah memahami seputar niat puasa ramadhan misalnya, sebab tidak sedikit dari umat islam yang suka merasa lupa membacakannya. Niat puasa ini menjadi salah satu rukun yang wajib di penuhi oleh orang yang berpuasa dan waktu pelaksanaan atau pembacaannya yaitu di malam hari, biasanya jika pada bulan ramadhan di bacakan secara berjamaah setelah selesai shalat tarawih.

Selain mengetahui kewajiban-kewajiban dalam berpuasa, orang yang akan mengerjakan ibadah ini juga mesti memahami apa saja yang di sunnahkannya dan salah satunya yaitu membaca doa buka puasa tentunya di waktu maghrib ketika akan menyantap menu buka puasa. Hukum dari membaca doa ketika berbuka puasa aalah sunnah yang di anjurkan, agar berbuka puasa dan apa yang di maka memiliki keberkahan dan kebaikan.

Doa Berbuka Puasa Yang Shahih Benar Dzahaba Dan Artinya

Jadi banyak hal yang bisa menjadikan pahala dalam berpuasa selain dari puasa itu sendiri juga orang yang berpuasa bisa mendapatkan pahala tambahan dari pelaksanaan perkara sunnah seperti berdoa sebelum berbuka dan sahur. Meskipun begitu karena doa ini termasuk sunnah sehingga tdak akan mengganggu pada sah atau tidaknya puasa dalam arti meskipun tidak di baca misalnya karena lupa tida membuat puasanya menjadi batal, tetap sah saja.

Doa Berbuka Puasa

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

Allahumma laka sumtu wa‘ala rizqika afthartu dzahaba dhama’u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya-allah ta‘ala

Artinya : Duhai Allah, untukmulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan semoga pahala telah ditetapkan, insyaaallah

Mungkin bagi sebagian orang yang suka mengamalkan puasa sunnah, sudah sangat memahami dengan bacaan doa buka puasa ini, tetapi tidak menutup kemungkinan ada saudara kita di luar sana yang belum begitu paham sehingga mereka mencari bacaannya yang benar. Oleh karena itu silahkan lihat dan hafal secara baik bacaan di atas terutama yang berhubungan langsung dengan doa berbuka puasa yang shahih benar dzahaba dan artinya do'a sahur senin kamis qadha berjamaah ramadhan syawal ganti dan yang lainnya.

Advertisement