Doa Malam Nisfu Sya'ban Dan Maknanya Dalam Bahasa Latin Terjemahan Dan Artinya

Doa Malam Nisfu Sya'ban Dan Maknanya Dalam Bahasa Latin Terjemahan Dan Artinya - Bismillahirrohmanirrohim, Jika mendengar kata nisfu sya'ban, tak sadar rasanya hati kita ini langsung teringat akan berbagai hal yang menyangkut keistimewaa serta keutamaan-keutamaan di malam tersebut, terutama banyak sekali hadist dan dalil yang menjelaskan bagaimana pentingnya malam ini.

Menurut salah satu riwayat, pada malam nisfu sya,ban ini katanya di angkatnya buku amal seluruh umat manusia, serta menurut yang lainnya alloh swt pada malam ini mengampuni seluruh dosa umat manusia kecuali mereka yang musyrik serta bermusuhan, maka dengan adanya hal istimewa seperti ini, kebanyakan umat muslim seluruh dunia menyambutnya dengan cara memperbanyak amalan malam nisfu sya,ban.

Serta tradisi seperti ini sudah sejak lama di lakukan umat islam terutama yang ada di indonesia, banyak sekali yang mereka lakukan saat datangnya malam nisfu bulan sya'ban tersebut mulai dari melaksanakan puasa, melaksanakan shalat sunnah, berdoa, memperbanyak membaca al-quran seperti surat yasin, membaca shalawat, serta istighfar dan yang lainnya.

Doa Malam Nisfu Sya'ban Dan Maknanya Dalam Bahasa Latin Terjemahan Dan Artinya

Lalu apa saja amalan yang di kerjakan pada nisfu syaban ini selain puasa?. Nah di bawah ini akan kami coba tulis lengkap dengan doanya. Namun untuk niat puasa nisfu sya'ban silahkan di lihat di postingan yang lainnya. Semuanya sudah di sajikan dengan lengkap.

1. Kebiasaan umat muslim saat malam nisfu sya'ban adalah setelah selesai shalat maghrib di lanjut membaca surat yasin sebanyak tiga kali. Bacaan yang pertama berniat agar kita di beri umur panjang dengan maksud agar kita lebih banyak waktu untuk beribadah sebagai bekal nanti di akhirat. Yang kedua dengan niat memohon agar di beri rizki yang banyak halal dan berkah dengan tujuan agar dengan rizky tersebut kita bisa kuat melaksanakan ibadah. yang ketiga beniat agar di tetapkan iman dan islam.

Setelah selesai membaca surat yasin di lanjut memanjatkan doa malam nisfu sya'ban yang lafadznya yaitu "

Doa Nisfu Sya'ban

اَللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَ لا يَمُنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ اْلاِكْرَامِ ياَ ذَا الطَّوْلِ وَ اْلاِنْعَامِ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَ اَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ . اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَ حِرْمَانِي وَ طَرْدِي وَ اِقْتَارَ رِزْقِي وَ اَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَ قَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ. اِلهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَ مَا لا اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ . اَمِيْنَ

“ALLAAHUMMA YAA DZAL MANNI WALAA YUMANNU ‘ALAIKA YAA DZAL JALAALI WAL IKRAAM, YAA DZATH THAULI WALIN’AAM, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, DHAHRUL LAAJIIN, WA JAARUL MUSTAJIIRIIN, WA AMAANUL KHAA IFIIN, ALLAAHUMMA IN KUNTA KATABTA NII ‘INDAKA FII UMMIL KITAABI SYAQIYYAN AW MAHRUUMAN AW MATHRUUDAN AW MUQTARRAN ‘ALAYYA FIR RIZQI, FAMHULLAA HUMMA BI FADLLIKA SYAQAAWATII WA HIRMAANII WA THARDII WAQ TITAARI RIZQII WA ATS-BITNII INDAKA FII UMMIL KITAABI SA’IIDAN MARZUUQAN MUWAFFAQALLIL KHAIRAAT. FA INNAKA QULTA WA QAULUKAL HAQQU FII KITAABIKAL MUNAZZALI ‘ALAA NABIYYIKAL MURSALI, YAMHUL LAAHUMAA YASYAA U WA YUTSBITU WA ‘INDAHUU UMMUL KITAAB. ILAAHII BITTAJALLIL AA’DHAMI FII LAILATIN NISHFI MIN SYAHRI SYA’BAANIL MUKARRAMIL LATII YUFRAQU FIIHAA KULLU AMRIN HAKIIM WA YUBRAM, ISHRIF ‘ANNII MINAL BALAA I MAA A’LAMU WA MAA LAA A’LAM WA ANTA ‘ALLAAMUL GHUYUUBI BIRAHMATIKA YAA ARHAMAR RAAHIMIIN.

Artinya : “Ya Allah Tuhanku Pemilik nikmat, tiada ada yang bisa memberi nikmat atasMU. Ya Allah Pemilik kebesaran dan kemuliaan. Ya Allah Tuhanku Pemilik kekayaan dan Pemberi nikmat. Tidak ada yang patut disembah hanya Engkau. Engkaulah tempat bersandar. Engkaulah tempat berlindung dan padaMUlah tempat yang aman bagi orang-orang yang ketakutan. Ya Allah Tuhanku, jika sekiranya Engkau telah menulis dalam buku besarMU bahwa adalah orang yang tidak bebahagia atau orang yang sangat terbatas mendapat nikmatMU, orang yang dijauhkan daripadaMU atau orang yang disempitkan dalam mendapat rizki, maka aku memohon dengan karuniaMU, semoga kiranya Engkau pindahkan aku kedalam golongan orang-orang yang berbahagia, mendapat keluasan rizki serta diberi petunjuk kepada kebajikan. Sesungguhnya Engkau telah berkata dalam kitabMU yang telah diturunkan kepada RasulMU, dan perkataanMU adalah benar, yang berbunyi: Allah mengubah dan menetapkan apa-apa yang dikehendakiNYA dan padaNYA sumber kitab. Ya Allah, dengan tajalliMU Yang Mahabesar pada malam Nisfu Sya’ban yang mulia ini, Engkau tetapkan dan Engkau ubah sesuatunya, maka aku memohon semoga kiranya aku dijauhkan dari bala bencana, baik yang aku ketahui atau yang tidak aku ketahui, Engkaulah Yang Mahamengetahui segala sesuatu yang tersembunyi. Dan aku selalu mengharap limpahan rahmatMU ya Allah Tuhan Yang Maha Pengasih.”

Di pertengahan malamnya sebaiknya kita bangun lalu melaksanakan dan memperbanyak shalat malam nisfu sa'ban, lalu perbanyak pula bacaan istighfar, dzikir, shalawat dan yang lainnya.

Menghidupkan malam tersebut dengan amalan-amalan doa malam nisfu sya'ban menjadi subuah tugas setiap orang muslim, jikapun ada perbedaan pendapat dalam hal ini, jadikan lah semua itu sebagai hikmah, marilah kita semua bersama-sama menyambutnya dengan berbagai amalan baik.