Tata Cara Shalat Tasbih Lengkap Doa Dan Bacaannya Lengkap

Tata Cara Shalat Tasbih Lengkap Doa Dan Bacaannya Lengkap - Shalat tasbih adalah shalat sunnah yang di anjurnya kepada umat islam di seluruh dunia, yang mempunyai pengertian sebagai shalat sunah yang di dalamnya di perbanyak membaca bacaan tasbih, yaitu subhanalloh, walhamdulillah wala ila ha illalloh wallohu akhbar atau cukup membaca subhanalloh, sehingga jika di hitung-hitung bacaan tasbihnya mencapai 300 kali dalam satu kali sahalat.

Mengenai waktu mengerjakan shalat sunnah tasbih bisa di kerjakan siang atau malam asalkan jangan pada waktu-waktu yang telah di larang untuk sholat misalnya setelah ashar dan setelah subuh. tetapi jika di kerjakan pada siang hari maka lebih utama di kerjakan 4 rakaat dengan satu kali salam, jika pada malam hari di kerjakan 4 rakaat dengan masing-masing 2 rakaat satu kali salam.

Untuk hukum shalat sunnah tasbih ini adalah sunnah atau di anjurkan untuk di kerjakan alangkah baik di kerjakan setiap hari tetapi jika tidak bisa maka seminggu sekali jika tidak bisa aebulan sekali atau setahun sekali jika masih tidak bisa stidaknya seumur hidup sekali.

Tata Cara Shalat Tasbih Lengkap Doa Dan Bacaannya

Untuk tata cara mengerjakan sholat sunnah tasbih sebenarnya sama seperti shalat-shalat pada umumnya, perbedaannya hanya terletak pada niatnya saja dn niat ini menjadi suatu pembeda antara satu sholat dengan shalat yang lainnya. dan shalat tasbih ini pun tidak di sunatkan di berjamaahkan.

Tata Cara Shalat Tasbih

Niat Shalat Tasbih

أصلى سنة التسبيح ركعتين لله تعالى

Usolli sunata-tasbihi rakataini lillahi ta'aala

Artinya: Aku Niat shalat sunnah tasbih dua rakaat karena Allah

Jika empat rakaat maka niatnya

أصلى سنة التسبيح اربع ركعات لله تعال

Usolli sunata-tasbihi arba'a rakatin lillahi ta'aala

Artinya: Aku Niat shalat sunnah tasbih empat rakaat karena Allah

2 Takhbirotulikhram

3. Membaca surat Fatihah

4. Membaca Surat alkafirun tetapi alangkah baiknya memaca surat yang di mulai dengan bacaan tasbih seperti surat al-hadid dan yang lainnya.

5. Setelah membaca surat di lanjut membaca tasbih sebanyak 15 kali

6. Ruku sambil membaca tasbih 10 kali

7 i'tidal sambil membaca tasbih 10 kali

8. Sjud sambil membaca tasbih 10 kali

9. Duduk di antara dua sujud sambil membaca tasbih 10 kali

10 Sujud lagi sambil membaca tasbih 10 kali

11. pada waktu duduk istirahat sebelum berdiri melaksanakan rakaat selanjutnya membaca 10 kali atau sebelum salam membaca 10 kali

Untuk rakaat selanjutnya sama seperti rakaat yang pertama. adapun doa yang di baca setelah shalat tasbih ialah.

Doa Setelah Shalat Tasbih


اللّهُمَّ اِنِّى اَسْئَلُكَ تَوْفِيْقَ اَهْلِ اْلهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ اْليَقِيْن وَمُنَاصَحَةَ اَهْلِ التَّوْبَةِ
وَعَزَمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجَدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ
وَعِرْفَانَ اَهْلِ اْلعِلْمِ حَتىَّ اَخَافَكَ . اللّهُمَّ اِنِّى اَسْئَلُكَ مَخَافَةً تُحْجِزُنِى عَنْ
مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَعَاتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُ بِهِ رِضَاكَ وَحَتَّى اُنَاصِحَكَ فِى
التَّوْبَةِ خَوْفًا مِنْكَ وَحَتَّى اُخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّالَكَ وَحَتَّى اَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فى
اْلأُمُوْرِ كُلِّهَا وَاُحْسِنَ الظَّنَّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ النُّوْرِ رَبَّنَا اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا
وَغْفِرْلَنَا اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْر بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن

Artinya : Ya Allah, aku memohon kepada-Mu taufiq Orang-orang yang mendapat petunjuk, amalan Orang-orang yang mempunyai keyakinan kuat, ketulusan Orang-orang yang bertaubat, keteguhan hati Orang-orang yang sabar, kesungguhan Orang-orang yang takut kepada-Mu, permohonan Orang-orang yang mengharapkan-Mu, Ibadah ( ketaatan ) ahli wira’I dan kebijakan ahli ilmu, sehingga aku takut kepada-Mu. Ya Allah aku memohon kepada-Mu perasaan takut yang dapat menhalangiku berbuat maksiat, sehingga aku dapat melakukan suatu amalan untuk mentaati perintah-Mu, yang dengan amalan itu aku berhak mendapat ridho-Mu, hingga aku sanggup memurnikan taubatku karena takut kepadamu. Mengikhlaskan nasihat-Mu karena cintaku kepada-Mu. Dan aku bertawakkal kepada-Mu dalam segala urusan karena persangkaan baikku kepada-Mu Maha Suci Dzat yang menciptakan cahaya. Ya Tuhan kami sempurnakanlah cahaya untuk kami dan ampunilah kami sesungguhnya engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu dengan rahmat-Mu wahai yang Maha Penyayang.

Itulah Pembahasan kali ini tentang shalat tasbih semoga kita bisa mengamalkannya dengan istiqamah dan mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua. bagi anda yang sering bepergian naik kendaraan untuk doanya bisa di lihat DI SINI